Software yang digunakan untuk simulasi

Jumat, 28 Agustus 2009

Ada beberapa sumber di internet yang bisa digunakan untuk mengikuti perkembangan bahasa simulasi. Salah satu diantaranya adalah http://www.idsia.ch/~andrea. Dibawah ini adalah contoh software-software yang digunakan dalam simulasi antara lain adalah:

Software libraries

C++SIM

C++ libreries untuk simulasi sistem kejadian diskrit..

JavaSIM

Versi java C++SIM.

SimTools, Version 2.7

Review beberapa alat simulasi.

The Numerical Algorithms Group Ltd (NAG)

Arsip algoritma numerik.

Netlib

Arsip algoritma numerik

Simulations in Java

Arsip Sim Java

CSIM18

Mesquite CSIM berorientasi proses, general purpose simulation toolkit yang ditulis dengan fungsi umum bahasa C. The toolkit memungkinkan programmer menciptakan dan mengimplementasikan model orientasi proses dan simulasi kejadian diskrit.

Code by Law and Kelton

Contoh-contoh Code dalam C and FORTRAN dari buku "Simulation Modelling and Analysis, by A.V. Law and W.D. Kelton

SSS

A library (coded in C) untuk simulasi sistem kejadian diskrit oleh M. A. Pollatschek (visit his home page )

Mathtools

Suatu "portal" yang menyediakan akses gratis untuk MATLAB, Excel, C, C++, Fortran and Java.

Warped

WARPED adalah domain umum Time Warp simulation kernel ditulis dalam C++. The distribution includes a plug-in sequential kernel to support comparative analysis to parallel executions. Primary development has been on Linux-based Pentium PCs, Sun Workstations, a 4-processor Sun SparcCenter 1000, and the Intel Paragon

baseSim

iBright adalah evolusi baseSim Simulation Components (pertama dikembangkan oleh solutionsBase, sekarang oleh defunct) adalah kelompok Visual Components dirancang sebagai komplemen dan perluasan fungsi Borland Delphi v.4.0/5.0. Menyediakan alat untuk pemodelan simulasi sederhana maupun kejadian diskrit kompleks.

OpEMCSS

The Operational Evaluation Modelling for Context-Sensitive Systems (OpEMCSS) adalah tambahan Extend simulation environment. Memungkinkan bagi pemakai untuk merepresentasikan sistem adaptif kompleks relatif lebih mudah.

TomasWebTomasWeb
TomasWeb

TomasWeb memberikan simulasi orientasi objek yang diimplementasikan dalam Delphi 5 and 6. berbasis pendekatan orientasi proses : metode pendiskripsian, dimana beberapa kejadian (perubahan status) dikombinasikan kedalam proses tunggal. Oleh karenanya, tools ini mendukung simulasi orientasi proses. TomasWeb dikembangkan terutama untuk pendidikan dan penelitian. Perangkat lunak ini gratis, tapi memerlukan Borland's Delphi.

HighMAST object-oriented simulation library

HighPoint Software Systems menawarkan simulasi orientasi objek. Ditulis dalam C# , dan terdiri dari 200+ classes, 70+ interfaces. HighMAST framework dibangun sebagai open architecture library on Microsoft's capable .NET technology base.

DEx

DEx, the Dynamic Experimentation toolkit, bertujuan utnuk menyediakan kecepatan, fleksibel dan mudah digunakan untuk pengembangan, analisis dan visualisasi simulasi multi dinamis. Kernel and utility classes terdiri dari kerangka kerja yang dapat digunakan dalam C++ atau kombinasi dengan bahasa DEx, bahasa khusus domain berbasis C++ dirancang untuk percepatan prootip. Dikompile dalam Linux dan tersedia gratis di internet.



Alat visualisasi Simulasi


Extend

Extend (Imagine That, Inc.) digunakan untuk memodelkan, menganalisis dan mengoptimalkan proses. Memiliki sejumlah fitur seperti kumpulan komponen, hirarki model, link dengan MS Office dan memodelkan sistem kontinu, diskrit dan hybrid. Extend mempunyai bahasa pemodelan sendiri (ModL) yang mirip dengan C, dan mampu memanggil kode dari bahasa lainnya. Mempunyai paket khusus untuk sistem industri, riset operasional dan simulasi proses kontinu.

SIMUL8

SIMUL8 oleh Visual Thinking Intl. Simul8 memungkinkan pengguna mengambil dari himpunan objek simulasi dan distribusi statistik ayng sudah didefinisikan sebelumnya untuk menciptakan model. Simul8 juga memungkinkan pemodelan hirarki. Fokus utamanya adalah simulasi kejadian diskrit.

Dymola

Dymola oleh Dynasim, alat orientasi objek untuk pemodelan dan simulasi sistem kontinu. Fokus pada sistem robotik dan sistem mekanik. Sekarang terintegrasi dengan bahasa pemodelan Modelica. Modelica memungkinkan integrasi dan penggunaan kembali lingkungan simulasi dan permodelan berbeda.

VisSimVisSim

VisSim (Visual Solutions), bahasa diagram blok visual untuk simulasi dinamis nonlinear. Versi demo dapat didownload.

AwesimAwesim

Awesim menyediakan engien simulasi fokus pada produksi animasi model. Animasi dapat dibangun secara grafis dan pemakai dapat menentukan kontrol untuk membangun simulasi interaktif.

LabviewLabview

Labview (National Instruments): pemrograman visual yang memungkinkan interfase dengan pengukuran dan peralatan bervariasi.

Goldsim

GoldSim adalah general purpose simulator untuk hampir semua sistem fisika, keuangan, finansial dan organisasi. Models dibangun secara grafis. Goldsim Academic gratis untuk pelajar, professors dan guru. Goldsim maenyediakan sebuah pemain yang memungkinkan setiap orang dapat melihat model kita, tanpa harus menginstal keseluruhan paket. Goldsim juga dapat digunakan untuk modul contaminant transport, radionuclide decay. Simulasi Goldsim juga dapat dijalankan dalam lingkungan distribusi.

BuildSimBuildSim

BuildSim, oleh Tritera, lingkungan terintegrasi untuk disain, simulasi dan analisis sistem. BuildSim adalah aplikasi perangkat lunak interaktif yang mengintegrasikan analisis numerik, representasi matematik diagram blok, pemrosesan signal dan grafik. Memungkinkan untuk menurunkan source-code (C++ and Java). Tersedia untuk Macintosh. Ada versi download.

Optsim (was Artifex)Optsim (was Artifex)

OptSim adalah hasil penggabungan Artifex, a tool based on Class-based Extended Petri Nets dan RSoft LinkSim. OptSim adalah lingkungan simulasi dan permodelan intuitif yang mendukung disain dan evaluasi kinerja level transmisi sistem komunikasi optik.

MicroSaintMicroSaint

Micro Saint adalah produk perangkat lunak simulasi fleksibel dan general purpose. Micro Saint mempunyai interfase pemakai grafis dan didasarkan pada pendekatan diagram alur untuk pemodelan. Demo tersedia di internet.

EcosimProEcosimPro

EcosimPro adalah simulator sistem kontinu. Dapat menyelesaikan persamaan differensial aljabar. Ecosim mempunyai interfase pemakai grafis yang memfasilitasi tugas pemodelan. Ikon yang muncul dalam editor model bersesuaian dengan komponen riil sistem. Pemakai dapat menentukan model menggunakan bahasa EL, yang dapat memanggil routine FORTRAN dan C. Fitur menariknya adalah dukungan percobaan simulasi untuk model tertentu. Debugger juga tersedia.

SimCreatorSimCreator

SimCreator adalah permodelan dan simulasi grafis, digunakan untuk sistem kontinu. Bahasa ini sama dengan Mathworks's Simulink. Model yang lebih sederhana dapat dihubungkan untuk membangun mode kompleks. Model dapat bersarang. Spesifikasi grafis kemudian diterjemahkan ke kode C. Versi beta tersedia untuk download

Berleley MadonnaBerleley Madonna

Bahasa ini digunakan untuk program simulasi numeris pada komputer Windows dan Macintosh. Dirancang sebagai pemecah umum sistem persamaan differensial biasa. Diekmbangkan pada universitas California Berkeley untuk tujuan pengajaran dan penelitian.

XJ Technologies

XJ Technologies menyediakan sekumpulan alat, semuanya dengan lingkungan pengembangan visua, untuk bidang simualsi berbeda : simulasi hybrid (AnyLogic), sistem paralel (Covers), dan diagram status

SimprocessSimprocess

Simprocess adalah orientasi objek, pemodelan proses dan alat analisis. Menggabungkan kesederhanaan diagram alur dengan kehebatan simulasi, analisis statistik, pembiayaan berbasis biaya dam animasi.

SansGUISansGUI

SansGUI digunakan untuk mengembangkan dan menggunakan simulator ilmiah dan rekayasa tanpa harus menulis kode interface pemakai grafis. SansGUI saat ini tersedia untuk Microsoft Windows platforms. Microsoft Visual C++ and Compaq Visual Fortran didukung untuk menciptakan interaktif tinggi dalam simulator proses sementara bahasa lainnya dapat digunakan untuk pengembangan simulator proses eksternal.

SimCreatorSimCreator

SimCreator simulasi dan permodelan grafis sistem. Level paling tinggi adalah interface GUI yang memungkinkan penempatan dan koneksi berbagai komponen. Setiap komponen bisa sebagai subgrup yang dibentuk komponen tambahan atau suatu komponen kode C. Simcreator mirip dengan Simulink.

QX3D

QX3D adalah editor dan generator kdoe yang membantu visualsiasi dan animasi model mekanik. Dengan menghubungkan badan, atribut geometrinya (yaitu lokasi frame, orientasi) dan bentuk badan, akan menurunkan kode VRML untuk membuat visualisasi. Sejumlah besar bentuk dapat ditugaskan ke setiap badan. Kita juga dapat membuat animasi berdasarkan simulasi dinamis multibodi.

SimCad Pro

SimCAD Pro adalah alat permodelan dan simulasi proses yang memungkinkan permodelan top-down proses industrial kompleks. Aliran proses utama didefinisikan, kemudain setiap sel proses dilanjutkan ke proses individualnya.

SIGMA

SIGMA diklaim sebagai simulasi gafis pertama yang dijalankan di Windows. SIGMA merupakan alat pendidikan valid, karena memungkinkan pembuat model menggambarkan sistem menggunakan diagram alur proses. Juga dapat menangani sistem kompleks berkat graf kejadian. Graf kejadian dapat diedit meskipun simulasi sedang dijalankan.




Bond graphs


MS1MS1

MS1 oelh Lorenz Simulation adalag simualtor sistem kontinu yang memungkinkan pembuat model dapat menggunakan bahasa pemodelan berbeda seperti Bond Graphs, Linear Graphs, block Diagram dan Equational Model dan juag dapat menggunakan pemecah model alternatif seperti ACSL, ESACAP, CSSL IV, DASSL, etc.

20-sim20-sim

20-sim (dikembangkan oleh Controllab products, diturunkan dari TwenteSim) bond graphs and blocks modelling system untuk sistem kontinu. Dikembangkan di University of Twente. Demo download.

Symbols 2000Symbols 2000

Symbols 2000, produk ahsil penelitian dua dekade di Indian Institute of Technology of Kharagpur, adalah perangkat lunak pemodean grafis, simulasi dan kontrol. Menyedaikan alat pemodelan orientasi objek menggunakan bond graphs, block diagrams, dan equation models untuk memodelkan sistem dinamis. Simualsi online dengan penanganan kejadian. Pre-cast sub-models untuk komponen rekayasa lanjut. Kompatibel penuh dengan C++. Analog, digital dan analisis ruang status menggunakan model sistem kontrol.Demo untuk DOS and NT tersedia untuk download .

CAMP-GCAMP-G

Dapat digunakan untuk memodelkan mode Bond Graph dari sistem mekanikal, elektro, hidraulik, panas dan kontrol. CAMP-G adalah alat penurunan model yang menginterface bahasa seperti MATLAB , SIMULINK, ACSL dan lainnya untuk melaksanakan simulasi komputer sistem fisik dan kontrol.

MTTMTT

MTT, the Model Transformation Tools, terdiri dari sekumpulan alat untuk pemodelan sistem fisik dinamis menggunakan metodelogi bond graph dan mentransformasi model kedalam representasi yang sesuai untuk analisis, kontrol dan simulasi. Alat ini menggunakan dan menurunkan m files untuk, GNU Octave. MTT adalah perangkat lunak gratis di bawah GNU General Public License.




Integrated environments (modelling language + simulation environment)


MATRIXxMATRIXx

MATRIXx dijual oleh WindRiver, yang mengisukan Press Release revisi terbaru MATRIXx, dan dijalankan di bawahWindows 95/98/NT/2000/ME dan Solaris.

SIMULINK and MATLABSIMULINK and MATLAB

MATLAB: bahasa utama untuk perhitungan teknis, DSP, disain kotnrol, dst. SIMULINK menyediakan interface grafis ke beberapa fungsi MATLAB, sehingga memungkinkan pemakai mendisain model dan mengkontrol sistem secara grafis.

OctaveOctave and ScilabOctave and Octave and

Perangkat lunak yang bersaing dengan Matlab and MatrixX. Scilab adalah paket perangkat lunak ilmiah untuk perhitungan numerik yang user-friendly

SimLabSimLab

Ini adalah versi pertama perangkat lunak SimLab. Termasuk fungsionalitas matematik untuk perhitungan aljabar dan topologi dan kode untuk menciptakan triangulations area planar. Dikembangkan oleh Cornell University.

SDXSDX

SDX adalah FORTRAN kinerja tinggi didasarkan pada pemecahan amsalah dinamis (kontinu, diskrit,hybrid) aplikasi yang sesuai dalam ilmu dan rekayasa.

ACSL SimACSL Sim

ACSL dikembangkan oleh AEgis Technologies Group, Inc. ACSL Sim menggabungkan bahasa inti ACSL, dengan kumpulan lengkap ACSL runtime libraries, the ACSL translator, the ACSL system macro file, the ACSL builder, dan kemudahan menggunakan interface pemakai grafis sehingga interaktif dan user friendly.



Bahasa Simulasi


SimPy

SimPy (= Simulation in Python)adalah bahasa simulasi orientasi objek, berbasis proses kejadian diskrit didasarkan pada standar Python dan dikeluarkan di bawah GNU GPL. Menyediakan komponen model simualsi termasuk proses, untuk komponen aktif seperti pelanggan, pesan, peralatan dan sumber daya, untuk kompnen pasif yang membentuk kapasitas terbatas seperti server, counter pemeriksaan dan saluran. Juga menyediakan variabel monitor untuk mengumpulkan statistik. Variasi acak disediakan oleh modul acak standar Python. SimPy dilengkapi dengan kemampuan pengumpulan data. GUI dan paket plotting. Mudah diinterface dengan paket lainnya, seperti statistik, GUI, lembar kerja, dan basis data. SimPy masih aktif dikembangkan oleh tim pengembang internasional. Dapat didownlaod dengan gratis.

JiST

JiST adalah engine kinerja tinggi simulasi kejadian diskrit yang dijalankan atas mesin virtual Java standar. JiST adalah prototip pendekatan general-purpose baru untuk membangun simulator kejadian diskrit, disebut dengan mesin virtual berbasis simulasi, yang menggabungkan sistem tradisional dan disain simulator berbasis bahasaJiST dikembangkan oleh Cornell Research Foundation, Inc. Dan gratis untu penggunaan non komersial.

ACSL SimACSL Sim

ACSL (untuk sistem kontinu ) oleh AEgis Research kedalam ACSL Sim.

SLAM IISLAM II

Pritsker corptelah membentuk situs Simsource.com dimana kita dapat menemukan penjelasan Visual SLAM .

GPSS/HGPSS/H

The Wolverine General Purpose Simulation System. Bahasa untuk simulasi kejadian diskrit..

Ptolemy ProjectPtolemy Project

Ptolemy adalah proyek penelitian dan perangkat lunak yang berfokus ke disain sistem reaktif, menyediakan dukungan level tinggi untuk pemrosesan signal, komunikasi, dan kontrol waktu riil.

DSDS+
(http://groucho.gsfc.nasa.gov/
Code_520/Code_522/Projects/DSDSPlus/)
(site out of order 27 Sep 99)

The Data Systems Dynamic Simulator Plus (DSDS+) kejadian diskrit berbasis simulator yang memudahkan ketika menghadapi kesulitan dengan simulasi, laju data tinggi, sistem akhir-ke-akhir.

MODSIM IIIMODSIM III

Bahasa simulasi untuk orientasi objek dan proses. MODSIM akhir-akhir ini dijual ke Compuware.

Simscript II.5Simscript II.5

Bentuk bebas, bahasa pemodean dan pengembangan. SIMSCRIPT II.5 didisain untuk digunakan di kejadian diskrit dan kombinasi simulasi diskrit/kontinu.

Simple_1Simple_1

SIMPLE_1 mendukung pemodelan sistem diskrit dan kontinu menggunakan orientasi pemodelan jaringan. Fiturnya termasuk kemampuan pemakai untuk mendefinisikan variabel dan statistik yang dibutuhkan, melaksanakan operasi I/O pada file dan menganimasikan hasil simulasi dalam waktu riil menggunakan fitur bahasa yang ada. SIMPLE_1 menggunakan pendekatan pengulangan untuk menjalankan kontrol untuk memfasilitasi pemodelan pencarian tujuan dan definisi panjang penjalanan (run length) berdasarkan perilaku model. SIMPLE_1 sekarang dikeluarkan di bawah GNU GPL dan dikompile di bawah RedHat Linux.

SEMoLa

SEMoLa (Simple, Easy to use, MOdelling LAnguage) adalah bahasa bukan prosedural membangun model simulasi untuk penggerak kejadian/kontinu, sistem stokastik/deterministik, dikembangkan di Agricultural and Environmental Sciences Department, University of Udine (Italy). Sukses digunakan untuk memodelkan sistem biologi, ekologi dan pertanian pada skala berbeda dan level kompleks. Bahasa SEMoLaÊ terintegrasi yang menyederhanakan tugas pembangunan model, simulasi dan dokumentasi lebih jauh menyediakan kalibrasi, validasi, manajemen data, pembangunan jaringan neural, fitur unit verifikasi dan lainnya.

PasionPasion

Pasion adalah bahasa simulasi berorientasi objek. Mempunyai struktur proses/kejadian. Source code diterjemahkan ke Pascal, kompatibel dengan Delphi v3 atau yang terbaru. Dapat digunakan untuk memodelkan antrian, proses kontinu dan memungkinkan penggunaan paradigma Bond Graph. Demo dapat didownload dari situs.

WinSAAMWinSAAM

The WinSAAM versi berbasis windows of the SAAM dan sistem pemodelan Consam. Dikembangkan oleh auspices of the Laboratory of Experimental and Computational Biology, of the Division of the Cancer Biology and Diagnosis, of the National
Cancer Institute. Gratis untuk penelitian ilmiah.

MathCoreMathCore

MathCore AB menawarkan dua produk utama: MathCore C++, sebagai tambahan pada Mathematica yang mengkompile himpunan bagian matematika ke kode C++ efisiensi tinggi. MathCode C++ menyediakan platform untuk pengembangan cepat simulasi dan perhitungan mahal lainnya. MathModelica adalah implementasi Modelica dalam mathematica. MathModelica memungkinkan disain orientasi objek sistem fisik untuk simulasi dan pemrograman visual menggunakan editor grafik. MathModelica mengintegrasikan dokumentasi, kode yang dapat dijalankan, diagram koneksi grafik dan formula matematika.

ParsecParsec

Parsec adalah bahasa simulasi berbasis C, dikembangkan oleh Parallel Computing Laboratory di UCLA, untuk eksekusi paralel dan sekuensial mode simualsi kejadian diskrit. Juga dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman paralel. Tersedia dalam bentuk biner hanya untuk institusi akademisi. Pengguna komersial dapat melakukan order pada Scalable Networks technologies.




Simulasi Berbasis Agen


SeSAmSeSAm

SeSAm (Shell for Simulated Agent Systems) untuk permodelan dan percobaan simulasi berbasis agen. Agen SeSAm terdiri dari badan, yang mengandung sekumpulan variabel status dan perilaku yang diimplementasikan dalam bentuk UML seperti diagram. Didasarkan pada sejumlah besar komponen primitif, pemakai dapat mendisain simulasis ecara grafis tanpa mengetahui sintaks bahasa pemrograman tradisional. Dituliskand alam Java dan dapat didownload gratis.

Ps-iPs-i

Bahasa simulasi untuk menjalankan simulasi berbasis agen. Model ditulis menggunakan bahasa Tcl/Tk standar dan interface grafis dapat juga digunakan.









0 komentar: